DOKTER CCTV

Apakah CCTV Harus Menggunakan Wifi? Simak Penjelasannya

Apakah CCTV Harus Menggunakan Wifi? Simak Penjelasannya

CCTV (Closed Circuit Television) adalah sistem pengawasan yang populer digunakan untuk meningkatkan keamanan. Namun, banyak orang bertanya-tanya apakah CCTV harus menggunakan wifi. Dalam artikel ini, kita akan menjawab pertanyaan tersebut dan memberikan informasi yang berguna tentang penggunaan CCTV dengan atau tanpa wifi.

Jenis-Jenis CCTV

Sebelum kita membahas apakah CCTV harus pakai wifi, kita perlu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis CCTV yang ada di pasaran. Secara umum, ada tiga jenis CCTV, yaitu:

  • CCTV Analog: CCTV analog adalah jenis CCTV yang paling lama dan paling murah. CCTV analog menggunakan kabel koaksial untuk menghubungkan kamera dengan DVR (Digital Video Recorder). DVR adalah perangkat yang berfungsi untuk menyimpan rekaman video dari CCTV. CCTV analog tidak membutuhkan wifi, namun kualitas gambarnya rendah dan tidak bisa diakses secara online.
  • CCTV IP (Internet Protocol): CCTV IP adalah jenis CCTV yang menggunakan jaringan internet untuk mengirimkan data video dari kamera ke NVR (Network Video Recorder). NVR adalah perangkat yang sama dengan DVR, namun memiliki kemampuan untuk menyimpan data video dari CCTV IP. CCTV IP membutuhkan wifi, namun kualitas gambarnya tinggi dan bisa diakses secara online.
  • CCTV Wireless: CCTV wireless adalah jenis CCTV yang tidak menggunakan kabel sama sekali untuk menghubungkan kamera dengan perangkat penyimpanan. CCTV wireless menggunakan jaringan wifi untuk mengirimkan data video dari kamera ke cloud atau micro SD. CCTV wireless membutuhkan wifi, namun kualitas gambarnya bervariasi dan bisa diakses secara online.

Baca Juga: Cara Menghubungkan CCTV ke HP Melalui Wifi

Kelebihan dan Kekurangan CCTV dengan Wifi dan Tanpa Wifi

Setelah mengetahui jenis-jenis CCTV, kita bisa membandingkan kelebihan dan kekurangan CCTV dengan wifi dan tanpa wifi. Berikut adalah beberapa poin yang bisa menjadi pertimbangan:

  • Kelebihan CCTV dengan wifi:
    • Bisa diakses secara online dari mana saja dan kapan saja melalui HP, laptop, atau perangkat lain yang terhubung ke internet.
    • Bisa mendapatkan notifikasi jika terjadi hal-hal tertentu, seperti gerakan, suara, atau kejadian lain yang terdeteksi oleh CCTV.
    • Bisa melakukan pencadangan video ke cloud atau perangkat lain untuk mencegah kehilangan data jika terjadi kerusakan pada perangkat penyimpanan.
  • Kekurangan CCTV dengan wifi:
    • Membutuhkan biaya tambahan untuk membeli dan memasang wifi, serta membayar tagihan internet setiap bulan.
    • Bergantung pada kualitas dan stabilitas jaringan wifi, yang bisa terganggu oleh cuaca, gangguan, atau masalah lain.
    • Berisiko kehilangan data atau disusupi oleh hacker jika jaringan wifi tidak aman atau tidak terlindungi.
  • Kelebihan CCTV tanpa wifi:
    • Tidak membutuhkan biaya tambahan untuk membeli dan memasang wifi, serta tidak perlu membayar tagihan internet setiap bulan.
    • Tidak bergantung pada kualitas dan stabilitas jaringan wifi, yang bisa terganggu oleh cuaca, gangguan, atau masalah lain.
    • Lebih aman dan terlindungi dari risiko kehilangan data atau disusupi oleh hacker.
  • Kekurangan CCTV tanpa wifi:
    • Tidak bisa diakses secara online dari mana saja dan kapan saja melalui HP, laptop, atau perangkat lain yang terhubung ke internet.
    • Tidak bisa mendapatkan notifikasi jika terjadi hal-hal tertentu, seperti gerakan, suara, atau kejadian lain yang terdeteksi oleh CCTV.
    • Tidak bisa melakukan pencadangan video ke cloud atau perangkat lain untuk mencegah kehilangan data jika terjadi kerusakan pada perangkat penyimpanan.

Baca Juga: Apakah CCTV Bisa Berfungsi Tanpa Wifi? Simak Penjelasannya

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa CCTV dengan wifi dan tanpa wifi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pemilihan CCTV yang sesuai tergantung pada kebutuhan, anggaran, dan preferensi masing-masing pengguna. Jika Anda menginginkan CCTV yang bisa diakses secara online, mendapatkan notifikasi, dan melakukan pencadangan video, maka Anda bisa memilih CCTV dengan wifi. Namun, jika Anda menginginkan CCTV yang hemat biaya, stabil, dan aman, maka Anda bisa memilih CCTV tanpa wifi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam memilih CCTV yang tepat untuk keamanan Anda. Jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut, Anda bisa menghubungi saya melalui chat ini. Terima kasih. ūüėä

Jasa Pasang dan Perbaikan CCTV Terbaik dan Terpercaya

Penyebab CCTV Ezviz Offline dan Cara Mengatasinya

Apakah saat ini Anda sedang mencari jasa CCTV profesional? Maka perusahaan kami adalah solusi yang tepat untuk permasalahan Anda. Kami melayani jasa pasang, perbaikan, dan perawatan CCTV, didukung dengan tim teknisi yang handal, terampil, dan  Dokter CCTV profesional  hadir memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk solusi CCTV dan sistem keamanan Anda.

Dokter CCTV   merupakan installer, dealer dan distributor resmi Hikvision, Dahua, Hilook, dan Ezviz yang menyediakan berbagai produk sistem keamanan untuk solusi kebutuhan bisnis dan kebutuhan pribadi Anda.

Segera hubungi kami untuk pemasangan CCTV dan sistem keamanan lainnya!

Hubungi:  081387200061  / Email: dm@doktercctv.com

Ruko Frankfurt Blok C/05 Jl. Boulevard Raya, Gading Serpong Tangerang

Promo Paket CCTV Murah Diskon 25%