DOKTER CCTV

Apakah Kamera CCTV Bisa di Zoom? Ini Jawabannya

Apakah Kamera CCTV Bisa di Zoom?

Kamera CCTV atau Closed Circuit Television adalah alat yang digunakan untuk memantau keadaan suatu tempat dari jarak jauh. CCTV biasanya dipasang di tempat-tempat umum seperti mall, bank, sekolah, atau rumah. Kamera CCTV dapat merekam gambar dan video yang kemudian disimpan di DVR (Digital Video Recorder) atau cloud. Salah satu fitur yang sering dicari oleh pengguna kamera CCTV adalah kemampuan untuk melakukan zoom. Zoom adalah proses memperbesar atau memperkecil gambar yang ditangkap oleh kamera. Zoom dapat membantu pengguna melihat detail yang lebih jelas dari objek yang diamati.

Namun, apakah semua kamera CCTV bisa di zoom? Jawabannya adalah tidak. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan zoom kamera CCTV, yaitu:

  • Jenis lensa kamera
  • Resolusi kamera
  • Jenis zoom yang digunakan

Jenis Lensa Kamera

Lensa kamera adalah bagian yang berfungsi untuk mengumpulkan cahaya dan membentuk gambar pada sensor kamera. Jenis lensa kamera yang digunakan oleh kamera CCTV dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Fixed lensa atau tetap, yaitu lensa yang tidak bisa diubah-ubah ukuran atau panjang fokusnya. Lensa fixed biasanya memiliki sudut pandang yang lebar, sehingga cocok untuk memantau area yang luas. Namun, lensa fixed tidak bisa melakukan zoom, karena tidak bisa mengubah jarak antara lensa dan sensor kamera.
  • Varifocal lensa atau variabel, ialah lensa yang bisa diubah-ubah ukuran atau panjang fokusnya. Lensa varifocal biasanya memiliki sudut pandang yang sempit, sehingga cocok untuk memantau area yang spesifik. Lensa varifocal bisa melakukan zoom optik, yaitu zoom yang mengubah jarak antara lensa dan sensor kamera, sehingga gambar yang dihasilkan tetap jernih dan detail.

Baca Juga: Berapa Lama CCTV Bisa Menyimpan Rekaman?

Resolusi Kamera

Resolusi kamera adalah ukuran gambar yang ditangkap oleh sensor kamera, yang biasanya diukur dalam satuan pixel. Semakin tinggi resolusi kamera, semakin banyak detail yang bisa ditampilkan oleh gambar. Resolusi kamera yang umum digunakan oleh kamera CCTV adalah:

  • VGA (640 x 480 pixel)
  • HD (1280 x 720 pixel)
  • Full HD (1920 x 1080 pixel)
  • 4K (3840 x 2160 pixel)

Resolusi kamera mempengaruhi kemampuan zoom kamera CCTV, terutama jika menggunakan zoom digital. Zoom digital adalah zoom yang dilakukan dengan cara memotong dan memperbesar bagian tertentu dari gambar. Zoom digital tidak mengubah jarak antara lensa dan sensor kamera, sehingga gambar yang dihasilkan bisa menjadi buram dan pecah.

Semakin tinggi resolusi kamera, semakin baik kualitas gambar yang dihasilkan oleh zoom digital. Sebaliknya, semakin rendah resolusi kamera, semakin buruk kualitas gambar yang dihasilkan oleh zoom digital.

Baca Juga: Apakah CCTV Hikvision Bisa Merekam Suara?

Jenis Zoom yang Digunakan

Jenis zoom yang digunakan oleh kamera CCTV dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Manual, yaitu zoom yang dilakukan dengan cara mengubah ukuran atau panjang fokus lensa kamera secara manual. Zoom manual biasanya digunakan oleh kamera CCTV yang menggunakan lensa varifocal. Zoom manual membutuhkan intervensi manusia, sehingga tidak praktis dan tidak fleksibel.
  • Otomatis, yaitu zoom yang dilakukan dengan cara mengubah ukuran atau panjang fokus lensa kamera secara otomatis. Zoom otomatis biasanya digunakan oleh kamera CCTV yang menggunakan lensa motorized. Zoom otomatis dapat diatur dari jarak jauh, sehingga lebih praktis dan fleksibel.

Baca Juga: Rekomendasi CCTV Hikvision yang Bisa Merekam Suara

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tidak semua kamera CCTV bisa di zoom. Kemampuan zoom kamera CCTV dipengaruhi oleh jenis lensa kamera, resolusi kamera, dan jenis zoom yang digunakan. Jika Anda ingin memiliki kamera CCTV yang bisa di zoom, Anda harus memilih kamera CCTV yang menggunakan lensa varifocal atau motorized, dengan resolusi yang tinggi, dan zoom otomatis.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang kamera CCTV, Anda bisa mengunjungi website Dokter CCTV. Terima kasih. ūüėä

Jasa Pasang dan Perbaikan CCTV Terbaik dan Terpercaya

Penyebab CCTV Ezviz Offline dan Cara Mengatasinya

Apakah saat ini Anda sedang mencari jasa CCTV profesional? Maka perusahaan kami adalah solusi yang tepat untuk permasalahan Anda. Kami melayani jasa pasang, perbaikan, dan perawatan CCTV, didukung dengan tim teknisi yang handal, terampil, dan  Dokter CCTV profesional  hadir memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk solusi CCTV dan sistem keamanan Anda.

Dokter CCTV   merupakan installer, dealer dan distributor resmi Hikvision, Dahua, Hilook, dan Ezviz yang menyediakan berbagai produk sistem keamanan untuk solusi kebutuhan bisnis dan kebutuhan pribadi Anda.

Segera hubungi kami untuk pemasangan CCTV dan sistem keamanan lainnya!

Hubungi:  081387200061  / Email: dm@doktercctv.com

Ruko Frankfurt Blok C/05 Jl. Boulevard Raya, Gading Serpong Tangerang

Promo Paket CCTV Murah Diskon 25%