DOKTER CCTV

CCTV Tidak Bisa Merekam, Penyebab, dan Cara Mengatasi

CCTV Tidak Bisa Merekam – Sebuah perangkat kamera CCTV pada umumnya memang diperuntukkan untuk merekam keadaan sekitar. Sehingga sudah sepatutnya kamera CCTV berada dalam kondisi on, aktif, atau menyala.

Namun ketika CCTV tidak bisa merekam video, ini patut dipertanyakan. Apa yang menyebabkan kamera CCTV kehilangan fungsinya tersebut dan bagaimana cara mengatasi atau memperbaikinya supaya CCTV bisa merekam kembali.

Ketika CCTV tidak merekam, kita bisa mengetahuinya lewat CMS CCTV yang terpasang di monitor, handphone, atau komputer. Ketika CCTV yang kita hubungkan berwarna gelap, itu berarti CCTV sedang dalam keadaan tidak aktif. Kita pun harus melakukan cara supaya bisa mengaktifkannya kembali.

Di sini kami ingin menjelaskan tutorial mengenai cara memperbaiki CCTV yang tidak dapat merekam. Anda bisa menyimak ulasannya di bawah namun sebelum itu mari penyebab kenapa CCTV tidak aktif alias mati atau nonaktif berikut ini.

Penyebab Mengapa CCTV Tidak Aktif

Ada sejumlah hal yang dapat menyebabkan kamera pengawasan video tidak dapat merekam atau mati. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamera pengawasan video mati atau tidak muncul di monitor.

1. Kamera CCTV Rusak

Alasan paling logis ketika tidak ada gambar pada layar monitor CCTV, penyebabnya adalah karena kamera CCTV rusak atau basah terkena hujan sehingga tidak dapat bekerja secara normal. Dengan demikian masalahnya bukan di monitor ataupun DVR CCTV.

2. Kabel CCTV Putus

Kadang-kadang, kabel CCTV putus juga menjadi masalah serius tetapi tidak disadari. Biasanya, kabel CCTV terputus karena faktor usia atau karena kualitas kabel yang tidak baik.

3. Adaptor Kamera CCTV

CCTV dapat menyala karena menerima sumber daya dari power supply. Jika adaptor kamera pengawas mati, kamera CCTV tidak menyala secara otomatis dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Maka dari itu Anda harus tahu cara memperbaiki power supply CCTV.

4. Port Konektor CCTV yang Rusak

Jika semua masalah di atas tidak ada, tetapi kesalahan selalu ketika video kamera keamanan masih belum dilakukan di monitor layar, maka mungkin ini disebabkan oleh port konektor yang terdapat dalam DVR rusak.

5. DVR Rusak

Yang terakhir adalah kamera CCTV tidak dapat mengirim video di layar monitor karena DVR rusak. Cobalah untuk menggantinya dengan DVR lain untuk mengonfirmasi. Jika dengan DVR lain tidak bisa, artinya CCTV yang rusak dan Anda harus menggantinya.

Cara Mengatasi CCTV Tidak Merekam

Berikut langsung saja simak ulasan lengkap mengenai cara mengatasi, memperbaiki, atau membetulkan kamera CCTV yang tidak bisa merekam. Simak pada pembahasan di bawah berikut ini.

1. Perbaiki Kamera CCTV

Jika masalahnya adalah kamera pengawas yang rusak, pertama-tama periksa kembali menggunakan kamera lain. Jika kamera lain berfungsi dengan baik, artinya kamera yang Anda gunakan benar-benar rusak dan solusinya adalah diperbaiki atau diganti.

2. Pastikan Kabel CCTV Terhubung

Pastikan setiap kabel CCTV terhubung ke setiap perangkat dari monitor, kamera CCTV, DVR (Digital Video Recorder). Untuk memastikan bahwa setiap kabel terhubung dengan erat, cobalah untuk menarik kabel terlebih dahulu dan instal di port yang sama.

3. Pastikan Adaptor CCTV Menyala

Setiap adaptor kamera pengawas umumnya memiliki lampu yang digunakan sebagai pemberitahuan bahwa adaptor dihidupkan dan ada aliran listrik. Jika Anda masih tidak menyala, coba ganti kabel adaptor dengan kabel lainnya.

4. Koreksi Port Kabel CCTV

Jika masalahnya karena port yang rusak, maka Anda harus memastikan port harus di tempat yang seharusnya. Tetapi jika Anda tidak memahaminya, akan lebih baik untuk membeli port CCTV baru yang banyak dijual secara online untuk menghemat biaya.

5. Perbaiki atau Ganti CCTV DVR

Catatan Jika semua langkah di atas telah dicoba dan kamera CCTV masih belum dapat dihidupkan, satu-satunya Peyebab yang mungkin disebabkan oleh DVR CCTV telah rusak. Solusi untuk diatasi adalah mengganti DVR dengan yang baru.

Baca juga : Macam-macam CCTV Part II

DOKTER CCTV menjalin komunikasi dengan pelanggan secara dekat untuk memahami tujuan dan tantangan mereka. Kami memposisikan diri sebagai mitra bisnis untuk kesuksesan setiap klien dengan menyediakan solusi sistem keamanan terbaik.

Secara konsisten memperkenalkan teknologi baru dan memperbarui solusi untuk beradaptasi dengan kebutuhan klien yang berubah dan dinamika pasar. Tujuan DOKTER CCTV adalah menjamin keamanan terbaik untuk membantu klien mencapai tujuan bisnis mereka.

Dokter CCTV melayani pemasangan dan perbaikan kamera CCTV, sistem kontrol akses, pabx, palang parkir dan layanan sistem keamanan lainnya.

Secara tidak langsung kita sudah membantu pihak kepolisian menjaga keamanan lingkungan setelah memasang fungsi CCTV perumahannya kini aman tidak ada lagi aksi kriminalitas.

Mengapa  Dokter CCTV ?

Manfaat Jasa Pasang CCTV di Dokter CCTV

Ingin tahu lebih detail tentang  kamera CCTV  ? Dokter CCTV   memiliki teknisi profesional, bergaransi resmi,   purna jual   yang mudah, jaminan harga murah, dan alamat kantor dan cabang yang jelas.

Ingin Tips Keamanan?

Hubungi Pakar kami yang siap membantu.

Hubungi:   0813-8720-0061

Email:   dm@doktercctv.com

 

One thought on “CCTV Tidak Bisa Merekam, Penyebab, dan Cara Mengatasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.