DOKTER CCTV

Perbandingan Wireless Kamera vs IP Kamera

Perbandingan Wireless Kamera vs IP Kamera  – Kamera CCTV berbasis IP memiliki beberapa jenis, yang sering dipakai dan banyak beredar di pasaran yaitu kamera IP berbasis Wireless dan IP kamera yang berbasis kabel memakai port ethernet.

Pasti kalian pernah berpikir diantara dua kamera IP mana yang lebih baik ?. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang itu.

IP Kamera Berbasis Kabel

Kamera CCTV IP berbasis kabel jaringan memiliki kelebihan dan kekurangan dibanding kamera IP berbasis nirkabel atau wireless, kelebihan dan kekurangan tersebut yaitu.

Kelebihan :

  1. Lebih aman dari gangguan dibanding sinyal wireless.
  2. Cakupan lebih komprehensif, jika membutuhkan banyak kamera untuk mencakup wilayah lebih luas kamera berbasis kabel lebih ideal. Karena memiliki banyak jenis mulai dari DVR 4, 8, 16, sampai 32 channel keatas.
  3. Privasi dan keamanan lebih terjaga, kamera berkabel tetap terhubung ke internet tapi keamanan lebih terjaga dan tidak rawan diretas.
  4. Memiliki berbagai jenis dan fitur lebih banyak dari wireless, kamera IP berbasis kabel memiliki jenis kamera yang beragam mulai dari PTZ, Dome, Bullet, dll serta terdapat fitur – fitur yang lebih luas.
  5. Kualitas rekaman kamera IP berbasis kabel biasanya lebih bagus.
  6. Harga kamera lebih murah dan terjangkau dibanding kamera Wireless.

Kekurangan :

  1. Biaya instalasi lebih mahal dibanding kamera wireless.
  2. Perangkat alat dan bahan yang digunakan lebih banyak.
  3. Walaupun pengkabelan lebih mudah dibanding coaxial dalam instalasi tetap harus diperhatikan.
  4. Harga NVR untuk penyimpanan rekaman video mahal terutama jika NVR include POE.

IP Kamera Berbasis Wireless atau Nirkabel

Kamera Wireless ditujukan kepada orang – orang yang mencari kamera CCTV yang nyaman, fleksibel, dan mudah digunakan. Sesuai namanya kamera ini tidak menggunakan kabel jaringan yang terhubung ke port ethernet supaya dapat bekerja.

Rata – rata kamera wireless tidak memerlukan NVR/DVR untuk media penyimpanan, kamera wireless sudah dilengkapi dengan slot micro sd serta menggunakan cloud sebagai metode penyimpanan.

Seperti kamera IP berbasis kabel, kamera wireless memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri seperti :

Kelebihan :

  1. Kamera wireless mudah saat instalasi atau pemasangan karena tidak harus memikirkan penempatan kabel dll.
  2. Kamera wireless sudah memiliki fitur pengawasan lebih lanjut seperti komunikasi dua arah, notifikasi pergerakan, pengenalan wajah, dan banyak lagi.
  3. Kamera wireless cocok digunakan untuk pengawasan rumah seperti gerbang, ruangan rumah, dll.
  4. Tidak perlu perangkat alat dan bahan yang banyak.
  5. Tidak perlu menggunakan NVR/DVR sehingga anggaran yang dibutuhkan berkurang.

Kekurangan :

  1. Harga kamera wireless dengan kualitas rekaman yang bagus lebih mahal dibanding kamera berkabel.
  2. Lebih mudah terkena gangguan baik atau interferensi terutama jika bekerja di tempat yang tertutup sehingga sinyal wireless terhalang.
  3. Sangat bergantung kepada sinyal wireless yang terkoneksi ke internet.
  4. Kamera wireless memiliki resiko lebih besar untuk diretas dibanding kamera berkabel.
  5. Karena pemasangan yang mudah, kamera wireless juga lebih mudah hilang atau tercuri.
  6. Bagi orang awam mungkin lebih sulit dalam mesetting konfigurasi kamera wireless karena harus mengetahui apa itu LAN dan IP (Internet Protocol).

Dari kelebihan dan kekurangan diatas manakah yang lebih baik antara kamera IP berkabel atau Wireless ?, jawabnya tentu menyesuaikan kebutuhan kalian. Jika kalian memerlukan kamera yang ringkas, mudah dalam instalasi, fleksibel, dan tidak perlu menggunakan kabel  tentu kamera wireless menjadi jawabannya.

Berbeda lagi jika kalian menginginkan kamera yang memiliki kualitas rekaman oke dengan harga yang lumayan terjangkau serta tidak bermasalah dengan instalasi kabel dll tentu jawabannya kamera IP berbasis kabel.

Baca juga : Cara Mencegah Kerusakan CCTV Karena Sambaran Petir

DOKTER CCTV menjalin komunikasi dengan pelanggan secara dekat untuk memahami tujuan dan tantangan mereka. Kami memposisikan diri sebagai mitra bisnis untuk kesuksesan setiap klien dengan menyediakan solusi sistem keamanan terbaik.

Secara konsisten memperkenalkan teknologi baru dan memperbarui solusi untuk beradaptasi dengan kebutuhan klien yang berubah dan dinamika pasar. Tujuan DOKTER CCTV adalah menjamin keamanan terbaik untuk membantu klien mencapai tujuan bisnis mereka.

Dokter CCTV melayani pemasangan dan perbaikan kamera CCTV, sistem kontrol akses, pabx, palang parkir dan layanan sistem keamanan lainnya.

Secara tidak langsung kita sudah membantu pihak kepolisian menjaga keamanan lingkungan setelah memasang fungsi CCTV perumahannya kini aman tidak ada lagi aksi kriminalitas.

Mengapa  Dokter CCTV ?

Manfaat Jasa Pasang CCTV di Dokter CCTV

Ingin tahu lebih detail tentang  kamera CCTV  ? Dokter CCTV   memiliki teknisi profesional, bergaransi resmi,   purna jual   yang mudah, jaminan harga murah, dan alamat kantor dan cabang yang jelas.

Ingin Tips Keamanan?

Hubungi Pakar kami yang siap membantu.

Hubungi:   0813-8720-0061

Email:   dm@doktercctv.com